Mewujudkan Rumah Sehat

rumah-sehat1Apa yang Anda rasakan bila rumah Anda bau, pengap, dan kotor? Tentu Anda akan merasa kesal dan tidak nyaman, bukan? Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan usaha keras dan cerdas untuk mewujudkan rumah sehat agar rumah layak untuk dihuni. Sayangnya, kebanyakan pemilih rumah tidak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mewujudkan rumah sehat. Bagaimana dengan Anda sendiri? Jika Anda tidak begitu tahu apa yang harus dilakukan, sebaiknya ikuti tips berikut:

Tempatkan kandang hewan peliharaan jauh dari rumah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan bau dan meminimalisir terjadinya penyakit menular dari hewan peliharaan. Caranya yaitu dengan menempatkan kandang hewan peliharaan jauh dari rumah. Hewan peliharaan yang dimaksud di sini adalah unggas, kambing, sapi, atau kerbau. Sadari bahwa bau hewan atau bau kotoran dari hewan peliharaan ini sangat tidak enak sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman bila sampai baunya tercium di dalam rumah. Dengan meletakkannya jauh dari tempat tinggal (idealnya 8-10 meter), setidaknya baunya tidak akan begitu tercium lagi dan kenyamanan akan segera di dapatkan. Sementara itu, untuk hewan peliharaan khusus dalam rumah, seperti kucing dan hamster, ada baiknya kandangnya dibersihkan minimal sehari sekali. Dengan demikian, bau busuk atau tidak sedap tidak akan muncul di dalam rumah.

Pastikan sirkulasi udara berjalan lancar

Banyak orang yang suka mengunci rapat jendela mereka padahal mereka berada di dalam rumah. Apakah Anda juga suka melakukan hal ini? Jika iya, sebaiknya jangan dilakukan lagi kecuali Anda sedang berada di luar rumah. Mengunci jendela dan pintu dengan rapat akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah terganggu. Alhasil, suasana pengap dan lembab akan muncul di dalam rumah. Kondisi ini akan membuat jamur mudah tumbuh di furnitur, dinding, dan atap rumah. Dengan demikian, Anda akan merasa sangat tidak nyaman di dalam rumah. Apalagi Anda orangnya jorok, suasana rumah pasti akan semakin berantakan. Untuk menghindari hal ini, pastikan sirkulasi udara di dalam rumah berjalan lancar dengan cara membuka jendela. Jika terasa panas, tutup sebagian jendela dengan gorden. Bila Anda memasang lubang ventilasi udara, itu lebih bagus tapi ingat untuk menempelnya dengan jaring-jaring agar ketika di malam hari, aliran udara tetap ada dan tidak ada serangga liar yang masuk ke dalam rumah.

Buang sampah pada tempatnya

Sejak duduk di bangku sekolah, tentu Anda tahu bahwa guru Anda sering sekali menghimbau untuk membuang sampah pada tempatnya. Itu adalah kebiasaan baik yang harus selalu diterapkan di mana pun Anda berada. Nah, di dalam rumah Anda pun harus menerapkan hal ini. Setiap kali menggunakan produk yang dikemas dalam kemasan plastik, makan buah, atau melakukan kegiatan yang meninggalkan sampah, silahkan buang sampah pada tong sampah. Bila tidak ada, masukkan sampah ke dalam kantong plastik agar Anda bisa membuangnya dengan gampang. Di samping itu, biasakan untuk tidak membiarkan tumpukan sampah pada kotak sampah di rumah Anda, kecuali Anda ingin mencium bau tidak sedap dan melihat rumah Anda didatangi oleh semut dan lalat. Bila kotak sampah sudah penuh, segera masukkan ke tempat pembuangan sampah di daerah Anda agar petugas kebersihan bisa membuangnya ke tempat penampungan akhir.

Terakhir, Anda harus rajin membersihkan rumah dari debu dan kotoran yang menempel pada dinding, lantai, perabotan, dan langit-langit. Sadari bahwa rumah yang bersih merupakan salah satu kriteria rumah yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *